Minggu, 03 Maret 2013

KONKLUSI MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN SEMESTER 3


Sepertinya tulisan ini saya update agak telat. Sebenarnya tulisan ini sudah saya buat pada semester tiga dan kini saya sudah menginjak pada awal semester empat. Biasalah anak muda, suka lupa. Hehe. Okelah kalau begitu, saya akan mengshare tulisan yang berisi tentang perubahan pengetahuan saya tentang media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar. Tentunya referensi dan sumbernya dari buku catatan kesayanganku. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sebelum mendapat mata kuliah media pembelajaran, sebenarnya saya sudah tahu apa yang dimaksud dengan media pembelajaran, namun permasalahannya, saya kurang tahu media pembelajaran yang bagaimana yang tepat dan cocok diterapkan kepada siswa SD, baik untuk kelas rendah maupun kelas tinggi, tentunya agar materi yang disampaikan ke siswa dapat tercerna dengan baik dan tentunya kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan menarik dan terkesan.

Dalam pemilihan media tentunya perlu dipertimbangkan alat dan bahan apa yang harus digunakan, karena kita tahu bahwa dalam setiap mata pelajaran yang berbeda, pada umumnya memerlukan media pembelajaran yang berbeda pula. Media pembelajaran yang berbeda ini akan dapat diterapkan dengan baik oleh seorang guru jika mereka mempunyai kecakapan dan keterampilan yang baik. Nah, sebelum mendapat mata kuliah media pembelajaran, saya kurang memahami maksud dari media pembelajaran yang kreatif dan efisien seperti ini.

Implikasi dari media pembelajaran tentunya agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik. Media pembelajaran yang digunakan memiliki ragam,  jenis, dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang media pembelajaran yang berbasis pada lingkungan sekitar sehingga sifatnya langsung, dan ada pula membutuhkan kreatifitasan guru yang membuat guru harus membuat sendiri media pembelajaran tersebut. Dari uraian di atas, saya sebelumnya kurang mengerti secara mendalam tentang yang dimaksud dengan ragam media pembelajaran, namun tampaknya untuk menumbuhkan pemahaman itu, saya mulai tertarik untuk mempelajari dan mengikuti mata kuliah media pembelajaran pada semester tiga ini, terbukti dengan saya tidak pernah absen sekalipun dalam mengikuti mata kuliah ini.

Pada pembahasan selanjutnya, saya akan memaparkan mengenai perubahan pengetahuan yang saya peroleh setelah mengikuti dan mempelajari mata kuliah media pembelajaran.
Pada awal masuk semester tiga dan mengetahui ada mata kuliah media pembelajaran, saya mulai berfikir bahwa kayaknya mata kuliah ini menarik dan penuh dengan pengetahuan serta informasi baru yang sebelumnya belum saya kenal. Ternyata benar, saya merasa senang memperoleh mata kuliah media pembelajaran ini, selain karena dosennya yang menyenangkan, mata kuliah media pembelajaran ini juga menarik untuk dikenal secara mendalam.

Pengetahuan baru yang saya dapatkan setelah mempelajari mata kuliah media pembelajaran adalah sebagai berikut.
A. Kriteria dalam pemilihan media
Media pembelajaran yang  beraneka ragam jenisnya  tentunya  tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat dan sekiranya cocok untuk diterapkan, maka perlu dipertimbangkan faktor atau kriteria-kriteria dalam pemilihannya.
Sedangkan kriteria yang perlu dipetimbangkan oleh seorang guru atau tenaga pendidik dalam pemilihan media pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Tujuan pembelajaran
Dalam pemilihan media pembelajaran harus didasarkan pada tujuan pembelajaran yang telah direncanakan, mungkin ada  sejumlah alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin dipilih yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan digunakan.

2. Keefektifan
Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana yang  dianggap paling efektif untuk mencapai  tujuan yang telah ditetapkan. Misalnya, dalam menyampaikan materi tentang “menghitung luas bangun ruang”, katakanlah bola, kubus, dan balok. Disini ada dua alternatif pemilihan media yang dapat diperhitungkan, misalnya media gambar (gambar bola, kubus, dan balok) dan media nyata (siswa diminta membawa bola, kayu yang bentuknya kubus dan balok). Selanjutnya, didasarkan pada keefektifannya, kita dapat memilih media nyata, karena selain menarik, siswa dapat mengetahui langsung benda-benda di sekitar yang termasuk bangun ruang, selanjutnya mereka dapat menghitung luas masing-masing contoh benda ruang tersebut dengan aktif dan bersemangat, sehingga kesan pembelajarannya lebih kontekstual.

3. Peserta Didik
Tentunya dalam pemilihan media pembelajan perlu dipertimbangkan kesesuaian dengan karakteristik siswa. Apakah media yang digunakan menarik dan sesuai dengan taraf berfikir siswa atau pengalamannya. Selanjutnya mempertimbangkan tentang penggunaannya, untuk individu, kelompok kecil, atau untuk kelompok besar. Tentunya dengan berbagai petimbangan tersebut, seorang guru akan mengambil tindak lanjut dalam memilih media yang dirasa tepat dan menarik untuk diterapkan sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

4. Ketersediaan
Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam kriteria pemillihan media pembelajaran adalah ketersediaan media itu sendiri, maksudnya apakah media itu sudah tersedia di lingkungan dan apakah dalam pemerolehannya mudah. Tentunya banyak alternatif dalam memilih media.Namun, alangkah lebih baiknya media itu dibuat bersama-sama dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Misalnya saja membuat baling-baling dari kertas.

5. Kualitas teknis
Dalam pemiliahan sebuah media, kita perlu menimbang bagaimana kualitas dari media tersebut, apakah kualitasnya baik dan efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Selain itu, segi daya tahannya juga diperhitungkan, karena suatu saat nanti bisa digunakan kembali, tentunya diinovasi dari bentuknya agar siswa tidak merasa bosan.

6. Biaya pengadaan
Hal yang perlu diperhitungkan mengenai biaya pengadaan adalah apakah biaya yang dikeluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil dalam penggunaanya. Jika media pembelajaran tersebut tersedia di lingkungan, kenapa tidak digunakan itu saja, selain media itu konkret dan menarik, tentunya tidak mengeluarkan biaya yang mahal. Kriteria lain yang perlu ditimbang adalah menggunakan media yang sekiranya lebih murah, namun memiliki keeektifan yang sama.

7. Kecakapan pemakainya
Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan memberi nilai manfaat yang banyak bagi orang yang tidak mampu mengunakannya. Jadi, sebisa memilih media yang mengutamakan kemudahan agar guru dan siswa dapat menggunakannya dengan baik, tentunya keefektifannya tetap terjaga.

8. Alokasi waktu
Waktu yang tersedia memengaruhi penggunaan media pembelajaran. Apakah waktu yang tersedia, cukup menggunakan media pembelajarannya secara efektif.

B. Langkah-langkah penggunaan media
1. Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang guru yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah  persiapan diantaranya.
a. Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan digunakan,
b. Mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta  yang telah disediakan,
c. Menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.

2. Pelaksanaan
Tenaga pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti:
1. Yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan,
2. Jelaskan tujuan yang akan dicapai,
3. Jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran,
4. Hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan  peserta didik.

3. Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi,  latihan dan tes.
Pada prinsipnya, setelah mengikuti mata kuliah media pembelajan mata pada semester tiga ini adalah saya dapat mengetahui mengenai kriteria pemilihan media dan langkah-langkah dalam penggunaannya. Sebenarnya banyak pengatahuan baru yang dapat saya peroleh setelah mempelajari mata kuliah media pembelajaran ini, namun tampaknya saya tertarik untuk menuliskan mengenai kedua hal di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar