Rabu, 27 Februari 2013

KERAJINAN TANGAN : Gubuk dan Taman Sederhana dari Stick Es Krim



Kawan, pada tulisan kali ini, aku ingin memposting sedikit kegiatan sederhana yang mungkin dapat menyibukkan hari-hari luang kalian, yaitu membuat gubuk dan taman sederhana dari stick es krim. Walaupun terlihat sederhana, tapi untuk membuatnya sampai benar-benar jadi memakan waktu hampir dua hari. Cara membuatnya mudah, bahannya juga tersedia banyak di sekeliling kita, dan biayanya sangat menjangkau uang saku kalian. Tidak lebih dari sepuluh ribu, kalian dapat menyelesaikannya tanpa kekurangan bahan bahkan bisa juga sisa beberapa stick. Apalagi kalau kalian mengambil bahannya dari barang-barang bekas disekitar lingkungan tempat tinggal.
Aku akan sedikit mengshare langkah-langkah dalam membuat gubuk dan taman sederhana dari bahan stick es krim versi daiku. Kalian juga bisa menginovasi dan memodifikasinya sendiri sesuai dengan selera agar terlihat lebih indah.


1. Menyiapkan alat dan bahan-bahannya
Alat  yang digunakan sangat mudah didapatkan dan pasti ada di sekitar lingkungan kita. Antara lain, pensil untuk mengukur panjang yang diinginkan. Gunting dan pisau untuk memotong stick es krim.
Bahannya juga sebagian besar tersedia di sekitar kita, seperti serabut kelapa. Untuk stick es krim dan pewarnamakanan, aku membelinya di toko-toko perabotan. Sedangkan lem untuk merekatkan stick, aku menggunakan lem kayu atau plamir merk Rajawali. Di toko-toko bangunan pasti tersedia banyak. Kalian juga bisa menggunakan lem yang lain. Lem Rajawali ini sedikit ada kelemehannya, yaitu untuk proses perekatannya atau pengeringannya memerlukan waktu cukup lama, sekitar lima belas menit. Jadi, kalian harus sabar menuggu dan gunakanlah waktu senggangnya dengan membuat bentuk-bentuk yang lain.
Baik, pertama-tama kita akan membuat gubuk di dalam taman.


2. Membuat penutup samping gubuk
Langkah pertama yang aku lakukan adalah membuat penutup samping gubuk (lihat gambar di samping). Bagian ini akan menjadi pengukur lebar gubuk. Jadi, sesuaikan ukuran lebar gubuk dengan membuat bagian ini dulu.







3. Membuat papan alas gubuk
Langkah kedua adalah membuat bagian papan alas gubuk. Bagian ini dibuat kedua untuk merekatkan atau merangkai penutup samping gubuk. Dengan demikian, rangkaian bawah gubuk sudah jadi.













4. Membuat penyangga atap
Langkah ketiga adalah membuat  penyangga atap gubuk. Di sana ada tiga bagian penyangga. Dengan adanya penyangga ini, rangkaian gubuk akan lebih kokoh.









5. Membuat atap dari serabut kelapa
Langkah keempat adalah membuat atap dari serabut kelapa. Aku tidak menggunakan stick es krim karena menurutku lebih keren menggunakan serabut kelapa. Selain itu juga lebih kelihatan mirip-mirip gubuk beneran. Ada dua bagian atap yang aku buat. Masing-masing bisa disusun atau dirangkai  dengan benang jahit. Setelah selesai, rekatkan pada penyangga atapnya. Nah, terlihat sudah jadi kan. Nggak sulit kok, asal ada kemauan dan ketlatenan. Selanjutnya, aku akan memperindah tampilan gubuk dengan membuat taman sederhana.



6. Membuat pagar taman
Langkah pertama untuk membuat taman adalah membentuk pagar. Bagian pagar menyesuaikan landasan yang kita sediakan. Pada taman terdapat empat pagar yang mengelilinginya. Alangkah lebih indahnya, kita memberikan sebuah tempat duduk pada masing-masing pagar. Tapi sebenarnya, fungsi awal tempat duduk ini yaitu untuk membantu pagar agar bisa berdiri tegak. Hehe.





7. Membuat gerbang taman
Langkah kedua adalah membuat gerbang taman. Gerbang ini berada di bagian depan taman. Gerbang ini bisa buka tutup dengan cara dijalankan ke arah samping, sehingga kesannya lebih keren, seperti gerbang-gerbang masuk beneran. Setelah gubuk dan taman selesai dibuat, kita akan membuat asesoris untuk memperindah tampilannya.






8. Membuat tangga gubuk
Untuk menampilkan gubuk menjadi tambah menarik, aku akan menambahkan tangga pada bagian depan gubuk. Tangga ini seolah-olah berfungsi untuk membantu menaiki gubuk.









9. Membuat pagar tanaman di dalam taman
Untuk menambah variasi taman, aku memilih dan  membuat sebuah tempat di pojok taman seolah-olah sebagai tempat menanam tanaman. Tentunya di pinggirnya diberi pembatas, yaitu beberapa pagar kecil. Dengan dihiasi tanaman dan pagarnya maka taman akan terlihat lebih hidup dan menarik.







10. Membuat beberapa pijakan menuju gubuk
Untuk menambah pesona taman, aku menambahkan beberapa pijakan kecil dari gerbang taman menuju gubuk. Seolah-olah pijakan dari stick yang tersusun rapi ini seperti batuan yang tertata membaris. Cara pembuatannya sangat mudah. Bahannya bisa dimanfaatkan dari sisa pembuatan gubuk atau pagar taman.






11. Membuat tempat duduk sederhana di dalam taman dekat gubuk
Untuk menambah sedikit imajinatif dalam taman, aku memberi tempat duduk sederhana di dekat gubuk. Di sana ada kursi dan meja. Seolah-olah kita bisa duduk bersantai di tempat ini sambil menikmati suasana taman. Kalian juga bisa menempatkannya di lain tempat sesuai selera.







12. Membuat tempat sampah
Meskipun variasi satu ini tidak begitu penting, tapi alangkah lebih baiknya kalian menambahkannya untuk memberi efek nyata. Tempatkan di sudut depan taman, menempel dengan pagar taman. Buatlah sesuai ukuran, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Kalian juga bisa membentuknya sesuai dengan daya inovasi dan kreatifitasan.






13. Membuat hiasan gapura
Selanjutnya, agar tampilannya tambah mantap, aku menambahkan hiasan pada gerbang taman. Hiasan ini cukup sederhana dan simpel. Kalian dapat mengubah ke bentuk lain. Tidak wajib kok. Hehe.









14. Membuat rumput-rumputan
Untuk memberikan efek seperti taman sesungguhnya, aku memberi rumput-rumputan yang terbuat dari butiran serabut kelapa. Kalian dapat menaburkannya pada semua bagian taman. Bahannya cukup simpel, nggak usah susah payah mencari yang mahal-mahal. Menurutku bahan ini akan terlihat indah setelah kita mewarnainya dengan pewarna makanan. Sebelum menaburkannya ke seluruh bagian taman, kalian harus mengeringkannya dulu di tempat yang terkena sinar matahari. Mudahkan cara pembuatannya. Aku rasa rumput-rumputan ini wajib kalian beri, tentunya untuk menambah kealamian taman. Sedikit menambahi, untuk pencahayaan, kalian dapat memasang beberapa lampu warna warni berukuran kecil di setiap ujung pagar taman.

Kawan, itulah sedikit share dariku tentang cara pembuatan kerajinan tangan dari bahan stick es krim yang dirangkai menjadi gubuk dan taman yang lumayan menarik untuk dicoba. Sampai disini kawan dan tunggulah tulisan mengenai kerajinan-kerajinan yang lain dariku. Semoga bermanfaat.







5 komentar:

  1. bagus d sederhana I LIKE ITTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

    BalasHapus
  2. bisa dicoba untuk bisnis nieh kak....

    BalasHapus